expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Selasa, 24 April 2012

Micrometer

Micrometer

MICROMETER


Micrometer adalah alat yang presisi, masing-masing untuk mengukur diameter luar dan dalam, alat ini lebih teliti dari pada verrnier caliper, dapa t mengukur sampai ketelitian 0,01 mm

BATAS UKUR PADA MICROMETER

Micrometer hanya saja untuk setiap pengukuran, baik untuk pengukuran benda kerja bagian dalam maupun bagian luar , digunakan micrometer yang berbeda-beda ukurannya. Masing-masing micrometer mempunyai batas pengukuran sampai 25 mm, yaitu :
4. Micrometer 0 – 25 mm 4. Micrometer 75 - 100 mm
5. Micrometer 25 – 50 mm 5. Micrometer 100 - 125 mm
6. Micrometer 50 - 75 mm 6. Micrometer 125 - 150 mm

KONSTRUKSI ATAU BAGIAN-BAGIAN MICROMETER
Nama-nama bagian /komponen-komponennya.
1. Anvil 5. Outer sleve
2. Spindel 6. Timble (skala timbel )
3. Lock Lamp/pengunci 7. Racter Stoper/Ratchet
4. Iner sleeve

PRINSIP PENGUKURAN
Prinsip kerja micrometer berputar satu kali , baut bergerak sebanyak satu ulir, jika jarak ulir ialah 1 mm, baut bergerak 2 mm dan seterusnya. Inilah prinsip pengukuran dengan micrometer. Pada benda sebenarnya , mur berarti inner sleeve dan baut ialah spindle.

Jarak ulir inner sleeve ialah 0,5 mm. sedangkan dikelilingi timble skala dibagi dalam 50 strip. Jika timble berputar satu kali, spindle bergerak sebanyak satu strip, dan bila spindle bergeser satu strip dari timble maka berarti bergerak 0,01 mm ( 0,5 mm X 1/50).

4.3.4. PEMERIKSAAN DAN KALIBRASI MICROMETER

1). Memeriksa tanda “0”
Sebelum dipakai , micrometer harus dikalibrasi terlebih dahulu, Bersihkan anvil dan spindle dengan kain bersih. Kemudian putar ratchet stopper sampai anvil dan spindle bersentuhan. Putarkan stopper sampai berbunyi tanda clik-klik 2 atau 3 kali sampai diperoleh penekanan yang cukup. Kuncilah spindle pada posisi ini dengan lock clamp.

Perlu diingat. Putar lah rachet stopper perlahan-lahan, jika terlalu cepat , timble berputar lebih karena inertia dari timble, sehingga pembacaan menjadi salah.

Micrometer telah dikalibrasi dengan benar jika titik “0” thimble telah lurus dengan garis pada outher sleeve.

2). Menyetel Titik “0”

• Jika kesalahannya 0,02 mm atau kurang. Kuncilah spindle dengan lock clamp. Kemudian dengan memakai penyetel putarlah outer sleeve sampai tabda “0” thimble lurus dengan garis. Setelah penyetelan selesai , periksalah kembali tanda “ 0 ”

Pengunci
Outer /Sleeve

• Jika kesalahannya melebihi 0,02 mm, Kuncilah spindle dengan lock clamp, kendorkan stopper sampai thimble bebas, luruskan tanda “0” timble dengan garis outer sleeve , dan kencangkan kembali ratchet stopper. Setelah penyetelan selesai periksalah kembali titik “0” untuk meyakinkan bahwa micrometer telah dikalibrasi dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar